Lezatnya Kaledo Kuliner Khas Sulawesi Tengah|Asal Muasal makanan kaledo...

Jika anda pernah berkunjung ke kota palu Sulawesi tengah pasti anda tidak asing ditelinga anda dengan kuliner yang namanya kaledo.kaledo merupakan kuliner khas daerah palu Sulawesi tengah.rasanya sangat kurang lengkap mengunjungi kota teluk ini jika anda tidak mencicipi kaledo.
Bagi yang belum pernah mencicipi kaledo ini pasti anda bertanya makanan seperti apa sih itu kaledo?ada yang mengatakan bahwa kaledo itu merupakan singkatan dari “kaki Lembu Donggala”.

Ciri Khas Makanan Tradisional Palu

Tahukah anda bahwa ciri khas makanan tradisional palu yang dinamakan kaledo ini mempunyai kuah yang bening dan ada warna kekuning-kuningannya,rasanya pun mempunyai rasa yang enak dan khas.
Konon katanya ketika awal munculnya masakan khas ini bahan bakunya hanyalah berupa tulang dari kaki sapi dan hanya sedikit daging yang di campurkan di dalam masakan tersebut.
 Tetapi banyak pengusaha kuliner yang menggeluti bisnis makanan ini sehingga membuat tulang kaki yang merupakan bahan baku dari makanan khas tersebut menjadi berkurang dan sangat sulit diperoleh.Dikarenakan tulang sapi yang semakin berkurang maka pengusaha kuliner kaledo berpikir untuk memakai tulang belakang dari sapi sebagai bahan utama dari masakan ini.

Asal Muasal Makanan Kuliner Kaledo
Namun sebagian penikmat kaledo tidak mengetahui asal muasal dari makanan khas Sulawesi tengah ini.adapun yang mempunyai anggapan bahwa makanan kaledo ini tidak mempunyai asal usul yang jelas.Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa di zaman dahulu itu di Sulawesi tengah,ada seseorang yang mempunyai harta banyak melimpah dan peternakan lembu(sapi).ketika pada saat itu dia membuat suatu acara dan  menyembelih lembu (sapi) yang dia miliki,sapi yang dia sembelih itu kemudian dia bagi bagikan kepada orang orang yang ada di sekitarnya.namun orang yang pertama mendapatkan bagian adalah orang jawa.orang jawa itu pun mengambil daging tersebut kemudian mengolahnya menjadi masakan bakso.
Ketikan pembagian kepada tetangga orang dermawan tersebut kebetulan tetangganya orang Makassar ,tetapi orang Makassar itu hanya mendapatkan jeroan atau isi perut dari lembu (sapi) yang di sembelih tersebut,diambillah bagian dari pemberian itu sesampai di rumah orang Makassar itu mengolah jeroan tersebut menjadi coto Makassar yang terkenal hingga saat ini.
Setelah itu orang kaili yang merupakan suku asli dari donggala datangnya terlambat,sehingga orang kaili tersebut hanyalah mendapat kaki dari sapi yang disembelih tersebut.sesampainya dirumah diolah lah kaki sapi tersebut menjadi suatu masakan yang dikatakan makanan dengan nama kaledo “kaki lembu donggala”.
Nah bagi anda yang sedang berkunjung ke kota palu Sulawesi tengah jangan lupa yah mencicipi menu masakan khas kota palu ini.






0 Response to "Lezatnya Kaledo Kuliner Khas Sulawesi Tengah|Asal Muasal makanan kaledo..."

Posting Komentar