DITEMUKAN KERANGKA PESAWAT DI GUNUNG SIDOLE SULAWESI TENGAH

Apakah anda pernah mendaki gunung sidole?Gunung sidole merupakan gunung yang memiliki ketinggian 5915 kaki setara dengan 1803 meter,gunung sidole ini terletak di Negara republik Indonesia tepatnya di Sulawesi tengah.Gunung dataran tinggi ini masih termasuk wilayah asia
Pemandangan di gunung sidole ini sangat indah jadi bagi pelancong yang hobby mendaki gunung tempat ini sangat direkomendasikan untuk anda jadikan sebagai tujuan pendakian berikutnya.

Pesawat Jatuh Di Gunung Sidole 26 Mei 1974
Digunung sidole anda bisa menemukan KERANGKA pesawat TNI-AU Grumman Albatros yang jatuh pada hari Minggu siang tanggal 26 Mei 1974,penumpang dari pesawat tersebut sudah di evakuasi tim SARAURI dengan menggunakan pesawat Hercules pada hari selasa petang tanggal 28 mei 1974

Kronologi Jatuhnya Pesawat Di Gunung Sidole
Pada waktu itu hari minggu siang tanggal 26 mei 1974 pesawat SAR-AURI take off dari Balikpapan pukul 11.00 waktu Indonesia tengah,pesawat tersebut menuju manado untuk menjalankan tugas khusus pada waktu itu dalam rangka presiden soeharto berkunjung ke Sulawesi utara tepatnya di manado. 
Pesawat itu dikemudikan oleh mayor penerbang Rachmat beserta 3 orang awak lainnya.masing masing Y. Sitorus mayor navigasi, Co-Pilot mayor penerbang, Tangkilisan dan Lettu Tpt Suherman beserta ada 7 orang penumpang terdiri dari Pelda Dodo, Serda Larahiman, Peltu Sumarsono, Pelda Harman, kapten kesehatan dr. Munir kapten Kastolani dan Hengky putra peltu sumarsono pesawat tersebut masuk di wilayah udara Sulawesi tengah dan pesawat tersebut menghadapi cuaca buruk.

Pada saat itu juga ada sebuah pesawat bouraq sedang melakukan penerbangan di ketinggian 7.000 kaki mengirim sinyal peringatan kepada pilot mayor rahmat untuk tidak melakukan penerbangan yang sangat berani dalam situasi keadaan cuaca yang buruk yaitu penerbangan rendah hanya 2.000 kaki.
Kontak kedua pesawat tersebut dilakukan pada jam 12.30 yang pada saat itu diperkirakan berada sekitar 60 km di sebelah utara kota palu Sulawesi tengah.
Menurut informasi yang didapatkan bahwa pesawat yang dikemudikan may penerbang 
Rachmat  itu tertiup oleh angin sehingga menggeser keselatan dan akhirnya keluar dari jalur penerbangan,pesawat tersebut terbang rendah dengan ketinggian hanya kisaran 2000 kaki menjadi bertentangan dengan gunung sidole yang mempunyai ketinggian 5915 kaki dari permukaan laut.
Pesawat menghadapi kabut yang sangat tebal dan mengganggu penglihatan pilot may rachmat dan akhirnya pesawat diduga menabrak lereng gunung sidole pada waktu itu.tabarakan pesawat terhadap gunung sidole sangat ekstrim sehingga membuat pesawat tersebut hancur sama sekali,kesebelas penumpang dari pesawat tersebut termasuk awak kabin tewas seketika pada waktu itu juga
Mayat ditemukan dua hari setelah mengalami kecelakaan pada tanggal 28 mei 1974 dikarenakan proses pencarian dengan medan yang sangat berat waktu itu.

Seorang pendaki gunung bernama TAUHID ABDUL KARIM 
yang mendaki gunung sidole menemukan kerangka pesawat yang di duga pewasat yang dikemudikan oleh mayor penerbang Rachmat. 
berikut ada juga dokumentasi video dari salah satu kelompok pendaki yang menemukan bangkai pesawat yang jatuh tahun 1974 silam.
Terima kasih sudah membaca artikel ini silahkan di share....

0 Response to "DITEMUKAN KERANGKA PESAWAT DI GUNUNG SIDOLE SULAWESI TENGAH"

Posting Komentar