MENGENAL LEBIH DEKAT ANOA DATARAN RENDAH SI HEWAN KERDIL DARI SULAWESI TENGAH

Anoa Dataran Rendah  Biasanya juga disebut dengan kerbau kerdil.mengapa hewan ini di sebut kerbau kerdil di karenakan bentuk tubuh dari hewan ini bentuknya seperti kerbau namum memiliki bentuk tubuh yang kecil.hewan ini merupakan hewan endemic yang berasal dari pulau Sulawesi.populasi dari hewan ini mengalami ancaman kepunahan sehingga hewan yang bernama anoa ini dilindungi oleh pemerintah.

Hewan endemic ini mempunyai nama latin yaitu Bubalus depressicornis (C. H. Smith, 1827) yang bersinonim dengan Bubalus anoa (Kerr, 1792).dipulau Sulawesi,hewan endemic ini mempunyai banyak nama seperti Buulu Tutu (Minahasa), Langkau (Gorontalo), Anuang (Malili) dan Bukuya (Buol Toli-Toli).

Ada dua jenis anoa di pulau Sulawesi yaitu Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis) dan Anoa Pegunungan.kali ini kita akan membahas tentang hewan anoa dataran rendah perbedaan dari kedua hewan ini adalah bentuk ukuran tubuh dan tanduk,bentuk dai anoa dataran rendah mempunyai bentuk badan yang kecil.bentuk ekor yang lebih panjang dan lembut.serta memiliki tanduk yang melingkar dan lebih panjang sekitar (18cm-37cm).bulu dari  anoa dataran rendah memiliki bulu yang lebih jarang.hewan ini memiliki berat badan antara 200 kg sampai 300kg.tinggi badan anoa dataran rendah hanya sekitar 95-110cm.

Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis)Ketika masih anak-anak hewan berbulu ini memiliki bulu berwarna cokelat kemerahan dan sekitar kaki memiliki bulu berwarna cokelat gelap.ketika beranjak dewasa bulu anoa dataran rendah berubah menjadi jarang dan terdapat bulu yang memiliki warna putih kekuning kuningan disekitar kaki depan dan tenggorokan.

Hewan ini mempunyai kematangan siap berproduksi pada usia 2 tahun,hewan ini mampu bertahan hidup sekitar 20 tahun,ada juga yang tercatat sampai umur 31 tahun.hewan ini hidup secara soliter dengan induk betina yang hidup bersama anak anaknya.hewan ini mempunyai lama kehamilah antara 275-315 hari dan biasanya melahirkan anak Cuma satu ekor saja.anak anoa rata rat hidup dengan induk betina sekitar 6-9 bulan hingga akhirnya mereka berpisah.
Hewan ini termasuk hewan herbivore yang lebih memilik makanan seperti tanaman air.rumput,pakis,tunas tanaman,buah buahan yang jatuh,hinga makanan dari umbi umbian.anoa juga sangat senang meminum air laut demi memenuhi kebutuhan mineral yang ada dalam tubuhnya.

0 Response to "MENGENAL LEBIH DEKAT ANOA DATARAN RENDAH SI HEWAN KERDIL DARI SULAWESI TENGAH"

Posting Komentar