CARA MENGATASI KARYAWAN MALAS DENGAN TRIK AMPUH DAN SEDERHANA

CARA MENGATASI KARYAWAN YANG MALAS DENGAN TRIK AMPUH DAN SEDERHANA

Mempunyai karyawan yang malas memang membuat kita sebagai atasan jadi gemes mau cubit-cubit dan sentil telinga karyawan,Sebagai atasan kita menjadi dilemma,mau di phk kasihan juga mereka mempunyai keluarga.Jika kondisi seperti ini di biarkan maka malas ini bisa menjadi budaya dan tradisi yang bisa teman temannya ikuti.Lantas bagaiman cara mengatasi karyawan yang mempunyai sifat malas.Berikut ada cara dan tips mengatasi karyawan yang malas.
KARYAWAN MALAS

Ajak bertemu 

Hal yang harus anda lakukan adalah mengajak si pemalas ke ruangan anda atau mengajak karyawan malas pergi di warung kopi bersama anda.Ingat hanya anda berdua tanpa sepengatahuan karyawan lain karena jika temannya melihat anda bersama sipemalas ke warkop nanti mereka berpikir anda memilih kasih kepada pemalas.Jadi intinya hanya anda berdua saja.Ketika sdh sampai di ruangan atau warkop ajaklah terlebih dahulu untuk bercanda agar suasana tidak menjadi tegang karena bos yang baik adalah bos yang tidak cepat emosi,bos yang baik adalah bos yang bisa membimbing karyawan nya untuk menjadi lebih baik.Ketika suasana sudah nyaman dan kondusif perlahan anda tanyakan apa yang membuat karyawan tersebut menjadi malas.Pastikan anda mengatakan bahwa anda bisa membantunya agar dia bisa lebih produktif lagi dan tidak malas.

Mengetahui penyebab karyawan malas

Ada dua macam karyawan menjadi malas yaitu malas karena masalah pribadi dan malas karena masalah pekerjaan dan suasana kantor.
Jadi ketika anda sudah bertemu karyawan malas anda maka tanyakan terlebih dahulu apa yang membuatnya menjadi menjadi malas dan tidak produktif lagi.
Masalah pribadi karyawan bisa berupa
  1. Masalah dalam lingkup keluarganya.
  2. Gangguan terhadap kesehatan.
  3. Keuangan keluarga tidak seimbang.
Sedangkan masalah yang membuat karyawan malas karena faktor dari lingkungan pekerjaan misalnya:
  1.     Beban pekerjaan yang bukan menjadi tanggung jawabnya.
  2.     Konflik kepada teman kantor yang membuat karyawan merasa tidak nyaman.
  3.     Kurang teketersediaan alat yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan kantor.
Kekuarangan manajemen keuangan pribadi yang membuat karyawan menjadi tidak produktif. 
Lingkungan kerja yang tidak aman
Setelah mengetahui permasalahan karyawan yang membuatnya malas maka hal yang harus anda lakukan adalah memberikan solusi secepatnya kepada karyawan anda misalnya permasalahan karyawan anda adalah beban pekerjaan yang terlalu berat maka yang harus anda lakukan adalah mengurangi beban karyawan tersebut sesuai dengan keterampilan karyawan.Sampaikan kepadanya bahwa anda segera mengatasi masalah di lingkungan kantor tersebut. 

Sampaikan manfaat dan kerugian malas

Setelah mengetahui dan memberikan solusi atas masalah karyawan maka hal yang harus anda lakukan adalah menyampaikan kepada karyawan anda atas manfaat jika kembali rajin bekerja berupa:
  1. Mendapatkan reputasi yang baik
  2. Mendapatkan penilaian kinerja yang baik dan memuaskan dari pimpinan
  3. Pertimbangan yang lebih besar untuk kenaikan gaji
  4. Pertimbangan pemberian bonus
  5. Promosi untuk menaikkan jabatan
  6. Penghargaan jika pencapaian target unit kerja dan perusahaan
  7. Membantu demi kepuasan pelanggan
Jika karyawan sudah mengetahui hal-hal diatas maka diharapkan karyawan sadar dengan kontribusinya dan merasa dirinya sangat penting dan akan kembali memperbaiki kinerjanya.Selain itu beritahukan juga kekurangan dan akibat dari bermalas malasan dalam bekerja.

Memantau perkembangan karyawan

Sebagai atasan yang baik maka hal yang harus diperlukan adalah memantau perkembangan karyawan apakah perintah yang sudah diberikan dikerjakan dengan baik atau tidak.Maka pantaulah secara berkala misalnya dua kali dalam seminggu.
Hal ini diperlukan agar perkembangan dan prilaku karyawan bisa diketahui.
Hal ini banyak di abaikan oleh atasan maka akibat dari itu atasan hanya mendapatkan masalah karyawan tanpa mengetahui masalah yang dihadapi karyawan.

Beri sanksi

Member sanksi adalah langkah yang paling akhir.Jika karyawan tidak mau diberikan solusi atas permasalahan yang di hadapi dan tidak mau berubah untuk kembali produktif maka hal yang harus dilakukan adalah member sanksi kepada karyawan.Secara psikologis sesorang karyawan akan berpikir dan takut mengulangi kesalahan jika sudah diberikan sanksi.Dengan demikian cepat atau lambat karyawan tersebut akan segera memperbaiki kinerjanya.Seorang karyawan malas harus segera di tangani karena jika tidak maka anda sendiri yang akan menanggung akibatnya karena prilaku karyawan malas bisa menjadi contoh yang tidak baik kepada karyawan lainnya.
Oleh karena itu cobalah terapkan cara cara diatas untuk mengatasi karyawan anda yang tidak produktif alias suka bermalas malas.
Kesimpulannya: tetaplah menjadi pimpinan yang berwibawa dan selalu melakukan pendekatan kepada karyawan agar anda bisa mengetahui sifat dan prilaku karyawan.

3 Responses to "CARA MENGATASI KARYAWAN MALAS DENGAN TRIK AMPUH DAN SEDERHANA"

  1. betul itu..
    http://www.kangalip.com/

    BalasHapus
  2. Beri sanksi itu yang lebih cocok, karena karyawan malas akan merusak bisnis kita. :D

    BalasHapus