MENENTUKAN ARAH DAN POSISI LMB(LUBANG MASUK BURUNG) GEDUNG WALET

Banyak pertanyaan dari facebook dan beberapa forum dunia walet bertanya "CARA MENENTUKAN ARAH DAN POSISI LMB(LUBANG MASUK BURUNG)PADA GEDUNG WALET.

Ada sebagian orang beranggapan bahwa posisi lmb yang benar adalah posisi arah yang menhadap selatan atau utara.kemudian saya tanya apa alasan anda kenapa lmb menghadap utara atau selatan.kemudian mereka menjawab kenapa menghadap utara atau selatan agar cahaya matahari yang terbit dari timur dan tenggelam dibarat tidak masuk didalam gedung/rumah walet.

mereka beranggapan bahwa jika lmb menghadap ketimur maka hal yang terjadi adalah mata burung walet yang keluar dari gedung akan silau.mereka percaya bahwa mata walet sama dengan mata manusia.lalu kenapa lmb dilarang menghadap kebarat karena cahaya matahari akan masuk kedalam gedung hingga sore hari.jadi kebanyakan gedung walet mereka bangun yaitu  Menghadap utara atau selatan.jawaban mereka tidak salah akan tetapi mata walet dan mata manusia tidak sama.

Tuhan menciptakan mata walet yang mampu terbang dan bermanuver didalam gedung yang gelap.selain dari itu mata burung walet mampu melihat serangga serangga kecil yang terbang sedangkan mata manusia.jadi jawaban yang paling tepat dari pertanyaan cara menentukan arah dan posisi lmb adalah lihatlah burung walet ketika mereka pulang di sore hari.

CARA MENENTUKAN ARAH DAN POSISI LMB(LUBANG MASUK BURUNG)PADA GEDUNG WALET perhatikan burung walet itu arah pulangnya darimana!jika mereka pulang dari arah timur makan arahkanlah posisi lmb anda menghadap ketimur.jika mereka pulang dari arah barat disore hari maka arahkanlah posisi lmb anda menghadap kebarat.jangan pernah beranggapan bahwa mata burung walet sama dengan mata manusia namun jika anda ingin sukses didunia walet maka sering seringlah bersedekah dan membantu orang orang yang tidak mampu.dalam dunia burung walet usaha dan doa sangat diperlukan karena burung jenis walet adalah burung liar yang susah susah gampang dalam menanganinya.

Banyak sekali orang yang bertanya CARA MENENTUKAN ARAH LMB jadi jawabannya adalah lihatlah arah pulangnya burung walet.jika gedung burung walet anda sudah selesai dibangun silahkan anda pasang audio amplifier dan peralatan lainnya.sering seringlah anda masuk didalam gedung untuk mengontrol apakah didalam gedung ada hama.faktor lain yang sangat perlu anda perhatikan adalah faktor suhu dan kelembaban gedung.mengapa ini diperlukan karena jika kelembaban kurang maka produksi sarang burung walet akan kurang dan tipis.mengapa demikian?alasannya karena paruh burung akan cepat kering untuk mengeluarkan liur jika kelembaban kurang.

CARA MENGATASI SUHU DAN KELEMBABAN DIDALAM GEDUNG
Cara mengatasi agar kondisi suhu dan kelembaban tetap terjaga yaitu dengan cara memasang mesih embun atau mesin humidifier didalam gedung agar walet merasa nyaman ketika sudah masuk masa kawin dan produksinya.

HAMA HAMA PENGGANGGU RUMAH BURUNG WALET
Perhatikan juga jangan sampai ada hama pengganggu seperti
·         Tikus
tikus sangat mengganggu perkembangan didalam gedung walet karena tikus suka makan piyik walet dan membuat stress induk walet.
·         Kelelawar
Sama halnya dengan tikus,kelelawar juga suka makan daging burung walet hal ini bisa juga membuat burung walet kaget,stress,trauma dan pindah kegedung lain.
·         Burung hantu
Hama pengganggu ini sama halnya dengan tikus dan kelelawar suka makan daging burung walet
·         Kecoa
Kecoa juga merupakan hama pengganggu dimana kecoa suka makan sarang burung walet dan membuat sarang burung walet tersebut berlubang.akibat dari lubang sarang itu bisa membuat anak walet meninggal jika kakinya masuk disarang yang bocor.
·         Semut
Semut juga termasuk hama pengganggu didalam gedung walet karena semut bisa saja mengerumuni anak burung walet.hal ini membuat  produksi burung walet berkura.
Diartikel berikutnya saya akan membahas cara mengatasi hama hama tersebut.

Jika artikel ini berguna silahkan dishare di grup grup facebook yang membahas dunia walet.terima kasih salam sukses budidaya walet.




0 Response to "MENENTUKAN ARAH DAN POSISI LMB(LUBANG MASUK BURUNG) GEDUNG WALET"

Posting Komentar

Postingan Terbaru