UKURAN LUBANG MASUK BURUNG WALET YANG PAS DAN DISUKAI BURUNG WALET

Hallo salam budidaya walet yang masih setia mencari ilmu budidaya walet.kali ini kita mendapatkan pertanyaan dari teman kita mengenai berapa sih ukuran pas lubang masuk burung walet yang disukai burung walet?

seperti yang diketahui sebelum membangun gedung walet banyak sekali hal hal penting budidaya burung walet yang perlu diketahui sebelum membangun gedung walet.
mengingat biaya yang tidak kecil sebelum membangun gedung.

jika anda membuka atau membaca artikel ini maka pilihan anda sudah benar,anda tidak salah membuka artikel ini karena sebelum membangun gedung kita harus tahu apa apa yang perlu disiapkan seperti peralatan gedung,lubang masuk burung,dan peralatan power amplifier yang menjadi sarana audio amplifier gedung walet.

jika anda asal asalan dalam membuat void atau lubang masuk burung maka anda akan menyesal dikemudian hari karena pasti anda akan merubah kembali design void atau lubang masuk burung tersebut.

pernah ada teman memakai void atau lubang masuk burung yang kecil.maksud dari lubang masuk burung yang kecil adalah agar burung hantu tidak masuk kegedung walet.namun apa yang terjadi populasi membludak dan banyak burung walet yang membuat sarang didekat void atau rumah burung walet.

lama kelamaan void tersebut semakin sempit.jika anda ingin agar burung hantu tidak masuk atau bertengger di void atau lubang masuk burung maka anda bisa gunakan duri salak yang dipasang di lubang masuk burung atau void gedung walet.dengan menggunakan duri salak maka burung hantu akan takut bertengger di void karena takut kakinya tertusuk duri salak.

cara lain menghindari burung hantu yaitu bisa menggunakan pintu robot atau biasa dikenal dengan pintu otomatis gedung walet.pintu otomatis ini sistem kerjanya menggunakan timer yang bisa diset waktunya yaitu pintu akan otomatis tertutup pada jam 19.00 malam sampai pukul 04.00 subuh.jadi dengan cara begitu burung walet tidak bisa masuk kedalam gedung.namun sistem ini juga mempunyai kekurangan dimana kekurangannya biasa terjadi trouble atau pintu macet alhasil burung tidak bisa keluar.

jika anda ingin menggunakan pintu otomatis maka anda harus membuat dua pintu yaitu pintu otomatis dan pintu darurat.pintu darurat dibikin dengan menggunakan lubang yang kecil saja.



kembali kepembahasan mengenai UKURAN LUBANG MASUK BURUNG YANG PAS DAN DISUKAI BURUNG WALET.ukuran lubang masuk burung yang pas adalah ukuran Minimal 45cm x 65 cm sedangkan ukuran maksimalnya adalah ukuran 85cm x 100cm.
lubang masuk burung yang dianjurkan diatas sangat bagus dan baik digunakan burung walet untuk bermanuver masuk kedalam gedung walet.

lakukan setiap seminggu sekali untuk melakukan pengontrolan gedung burung walet untuk menghindari hama dan predator lainnya.
ada banyak sekali hama pengganggu yang suka mengganggu burung walet seperti kecoa,kecoa suka makan sarang burung walet dan pada akhirnya burung walet berlubang.jika sarang walet berlubang tentu harganya pun juga ikut turun juga.karena sarang yang mahal atau katergori super saat ini dihargai seharga Rp 10.000.000 (sepuluh juta) per kilogram.

selain hama kecoa hama pengganggu yaitu tikus.tikus suka makan daging anak burung walet dan burung walet dewasa.jadi ada baiknya sediakan racun tikus didalam gedung walet biar tikus ini bisa anda basmi sebelum memakan burung walet.

Selain hama tikus dan kecoa ada juga predator pengganggu yang biasa menyusup kedalam gedung walet yaitu kelelawar.sama halnya dengan tikus kelelawar ini juga suka makan daging walet.
artikel berikutnya kita akan membahas mengenai UKURAN PAPAN SIRIP YANG PAS UNTUK GEDUNG WALET jadi jangan lupa di bookmark website ini untuk mendapatkan info berikutnya.
sekian tips dan trik dari saja jika ada pertanyaan seputar budidaya walet silahkan anda tulis pertanyaan ada di kolom komentar dibawah artikel ini.
salam sukses dunia walet
salam 10juta sekilo.

2 Responses to "UKURAN LUBANG MASUK BURUNG WALET YANG PAS DAN DISUKAI BURUNG WALET"

  1. Tdk usah terlalu bertanya kalau masalah hedung walet yang penting anda bikin gedungnya untuk walet insaallah pasti ditempati burung yang penting km bisa bersabar dan tdk usah terlalu pusing bertanya terus sama orang lain sedangkan yang mengaku dirinya pintar atau sering digaji sama orang 20 juta tapi gedungnya sendiri sudah lama tdk ada walet yang menginap

    BalasHapus

Postingan Terbaru