5 PANTAI EKSOTIS DI JAWA TIMUR YANG COCOK UNTUK BERLIBUR


Jawa Timur mempunyai banyak sekali tempat wisata yang selalu diincar oleh para wisatawan, baik wisatawan luar negeri maupun wisatawan dalam negeri. Diantara tempat wisata itu adalah Gunung Bromo yang terkenal dengan keindahannya yang sudah mendunia, Ranu Kumbolo, Jatim Park, Museum Angkut dan masih banyak lagi tempat wisata bisa ditemukan di daerah ini.

Namun selain hal itu semua, ternyata Jawa Timur juga memiliki sejumlah pantai dengan keeksotisannya yang cocok untuk dijadikan destinasi pada saat berlibur yang tersebar di berbagai kota di Jawa Timur, seperti di Malang, Jember, Banyuwangi dan kota-kota lainnya. Bagi Anda pecinta pantai wajib rasanya untuk mengetahui pantai-pantai eksotis di Jawa Timur ini. Berikut ulasannya.
1.      Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma ini menjadi pantai paling eksotis di Jawa Timur, hal ini karena kecantikan dan keindahan pantainya yang mampu menyegarkan mata siapa saja yang melihatnya. Negara Indonesia merupakan satu-satunya negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, tentu saja hal ini adalah sebuah anugerah besar yang Tuhan berikan pada negeri ini. Oleh sebab itu, saat ini destinasi wisata pantai unggulan tidak hanya bisa didapatkan di pulau dewata saja, melainkan di seluruh daerah di Indonesia memiliki pantai yang cantik dan juga indah. Seperti salah satunya Pantai Papuma di Jember ini.

Papuma merupakan singkatan dari “Pasir Putih Malikan” dan singkatan tersebutlah yang kini terkenal di kalangan wisatawan. Pantai eksotis yang satu ini berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Selaras dengan julukannya sebagai pantai eksotis, Pantai Papuma ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Tujuh karang besar yang menjulang di pantai merupakan salah satu ciri khas dari pantai ini. Karena keindahannya, pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding ataupun landscape oleh para fotographer. Di sini juga terdapat beberapa penginapan dan cottage dengan harga yang cukup terjangkau.
2.      Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai eksotis di Jawa Timur selanjutnya adalah Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Untuk sampai ke pantai ini, Anda membutuhkan waktu sekitar tiga jam dari pusat kota Banyuwangi. Namun kelelahan di perjalanan akan terbayar setelah melihat keindahan pantai ketika sampai di sana.

Pantai ini mendapatkan julukan sebagai Kuta-nya Jawa Timur. Bahkan kebanyakan orang menyebutkan bahwa Pantai Pulau Merah ini memiliki ciri seperti pantai-pantai di Brazil. Di pantai ini, Anda juga bisa mencoba berselancar dengan membayar 25.000 – 50.000 rupiah untuk menyewa papan selancar yang sudah disediakan pihak pengelola. Dengan kondisi ombak yang mencapai ketinggian 4 sampai 5 meter ini sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkatan.
3.      Pulau Sempu, Malang

Pulau kecil ini berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Keistimewaan Pulau Sempu terletak pada Laguna Segara Anakan yang terdapat di dalam pulau. Butuh waktu selama dua jam untuk sampai di sana dengan melakukan tracking melalui hutan dan jalan yang curam.

Meskipun demikian semua seakan terbayar begitu Anda melihat pemandangan di sana. Di sana Anda akan melihat putihnya pasir berbalut birunya air laut yang jernih dan juga pemandangan karang yang melindungi Segara Anakan. Selain itu Anda juga bisa berenang karena air laut di sini sangat tenang sehingga aman untuk digunakan berenang.
4.      Pantai Klayar, Pacitan

Selanjutnya adalah Pantai Klayar yang berlokasi di Kecamatan Donorojo, jarak tempuh sekitar 35 km perjalanan ke arah barat kota Pacitan. Butuh waktu satu jam untuk sampai di pantai ini. Karena pantai ini masih terbilang cukup alami, sehingga jalanan menuju pantai ini cukup sulit.
Pantai ini merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Salah satu keistimewaannya adalah terdapat batu karang yang bentuknya menyerupai Spinx. Selain itu ada air mancur alami dengan tinggi mencapai 10 meter.
5.      Teluk Ijo (Green Bay), Banyuwangi

Pantai yang satu ini berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Desa Sarongan, Banyuwangi. Untuk menuju pantai ini, dari pusat kota Banyuwangi Anda bisa mengambil jalur arah selatan sejauh kurang lebih 90 km.

Selain pasir putihnya yang lembut, air laut jernih berwarna biru toska, di pantai ini juga terdapat air terjun setinggi 8 meter. Anda harus melakukan tracking menyusuri jalan setapak kurang lebih sejauh 2 km untuk sampai di sana.

Tertarik untuk mengunjunginya?
MGT


0 Response to "5 PANTAI EKSOTIS DI JAWA TIMUR YANG COCOK UNTUK BERLIBUR"

Posting Komentar

Postingan Terbaru