KEUNIKAN DESA WISATA RUMAH ‘DOME’ TELETUBBIES DI YOGYAKARTA


Apa yang Anda bayangkan ketika seseorang menyebutkan nama Teletubbies? Sebuah bukit yang dipenuhi rerumputan hijau, taman bunga yang dipenuhi dengan warna-warni bunga yang cantik serta bangunan unik tempat tinggal para Tubbie. Mungkin Anda pernah membayangkan bagaimana rasanya tinggal di bangunan unik seperti tempat tinggal para Tubbies. 

Dan ternyata hal itu tidak berakhir menjadi sebuah khayalan saja, faktanya adalah Anda dapat merasakan bagaimana tinggal di rumah Tubbie dengan berwisata ke Desa Wisata Rumah Dome di Yogyakarta.

Sebuah kawasan wisata yang berlokasi di Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini berhasil memikat banyak orang karena keunikannya. Rumah-rumah ini dibangun berbentuk kubah atau dome yang dicat warna-warni. Sehingga kawasan ini kemudian di kenal dengan Desa Wisata Rumah Dome.

Perkampungan ini dibangun pada tahun 2006, sebagai tindaklanjut dari bencana gempa yang meruntuhkan banyak bangunan di kawasan itu. Wilayah Ngelepen salah satunya yang mengalami kerusakan parah. Kemudian baru pada tahun 2017, kawasan ini diresmikan menjadi kawasan wisata. 

Meskipun pada awalnya rumah-rumah ini dibangun mirip seperti rumah Teletubbies bertujuan agar tahan gempa, namun hal itu justru membuat keunikan tersendiri bagi kawasan ini sehingga pada hari ini banyak orang berbondong-bondong untuk datang berkunjung ke sana.

Di sini Anda akan menemukan berbagai atraksi yang menyenangkan. Saat ini kawasan wisata ini dikelola oleh karang taruna, sehingga desa ini pun menjadi desa wisata mandiri. Karena keunikannya berhasil membuat kawasan ini selalu dipadati oleh banyak orang. 

Hal menarik yang bisa Anda temukan di sana pada saat akhir pekan adalah Anda bisa berfoto bersama badut-badut Teletubbies yang lucu yaitu Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Poo. Di sini juga menyediakan wahana permainan bagi anak-anak seperti kereta mini, ayunan, papan seluncur dan jungkat-jungkir.


Selain bisa berfoto ria bersama badut-badut Teletubbies yang menggemaskan, Anda juga bisa menginap di rumah unik yang satu ini dengan menyewanya atau dengan mendirikan tenda di lahan yang telah disediakan dekat rumah. Meskipun rumah Teletubbies di Yogyakarta ini bentuknya kecil, namun ternyata bangunan ini memiliki beberapa ruang. Selain itu, rumah Teletubbies ini juga terbagi menjadi dua lantai.

Selain unik, ternyata rumah Teletubbies yang satu ini juga sangat nyaman. Pasalnya ketika panas terik, udara di dalam rumah Teletubbies ini justru akan terasa dingin. 

Sebaliknya pada saat musim dingin atau hujan, udara di dalam rumah berubah menjadi hangat. Selain rumah-rumah yang mirip dengan rumah Teletubbies, kawasan itu juga dilengkapi dengan rumput dan taman bunga sehingga pengunjung akan merasa benar-benar berada di dunia Teletubbies.



Selaras dengan penamaannya yaitu desa wisata mandiri, warga desa di sinilah yang mengolah keuangannya sendiri dari biaya yang dibayarkan pengunjung saat datang. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata unik yang satu ini, Anda cukup membayar 3000 rupiah dan bisa berfoto sepuasnya di rumah Teletubbies yang unik ini. Biaya yang sangat terjangkau, bukan?

Desa Wisata ini terletak tidak jauh dari Istana Batu Boko. Anda cukup menyusuri jalan raya Prambanani-Piyungan untuk sampai di sana. Atau apabila Anda datang dari arah Prambanan, setelah melewati Istana Ratu Boko perhatikan petunjuk arah yang ada di kiri jalan, dari jalan raya silahkan belok kiri mengikuti petunjuk arah yang ada.
MGT





0 Response to "KEUNIKAN DESA WISATA RUMAH ‘DOME’ TELETUBBIES DI YOGYAKARTA"

Posting Komentar