MENGULIK SEJARAH MEGALITH DI TAMAN NASIONAL LORE LINDU SULAWESI TENGAH


MENGULIK SEJARAH MEGALITH DI TAMAN NASIONAL LORE LINDU SULAWESI TENGAH
Indonesia seperti tidak ada habisnya menyuguhkan berbagai keanekaragamannya yang tersebar di berbagai objek wisata dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata kuliner, wisata religi sampai pada wisata edukasi yang menambah wawasan para pengunjung.

Taman Nasional Lore Lindu ini salah satu wisata alam yang juga bisa menambah wawasan para pengunjung tentang benda-benda purbakala pada masa megalith. Berlokasi di kabupaten Poso dan kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Diresmikan pada tahun 1993, taman nasional ini merupakan gabungan Suaka Alam Lore Kalamata dan Hutan Lindung serta Taman Rekreasi Danau Lindu.

Keberadaannya diapit oleh dua lembah yaitu lembah Palu dan lembah Pablo di sebelah utara. Dan di sebelah barat terdapat sungai Lariang dan sungai Kulawi. Serta lembah Napu di sebelah timur dan juga lembah Bada di selatan.

Berkeliling Melihat Batu Megalith di Taman Nasional Lore Lindu

Hal yang sangat menakjubkan yang bisa Anda lihat di taman nasional yang satu ini adalah benda-benda peninggalan zaman batu 3.000 sampai 1.300 SM. Sekadar informasi, terdapat 419 megalith batu besar di sini. Batu-batu besar ini tersebar di berbagai tempat di taman nasional ini. Di antaranya adalah sekitar 43 item berada di Lore Utara, 306 item berada di Lore Tengah, 57 item berada di Lore Selatan dan 13 item berada di Kulawi.

Batu-batu yang tersebar di taman nasional ini berukuran 1,5 meter sampai 2,5 meter. Berdasarkan apa yang disampaikan oleh para ilmuan keberadaan batu-batu besar ini dulunya adalah sebagai tempat pemujaan.

Flora dan Fauna di Taman Nasional Lore Lindu

Di sini, selain Anda bisa mengulik sejarah dengan melihat-lihat peninggalan zaman batu itu, Anda juga bisa melihat berbagai flora dan fauna di sini. Di  antara flora yang terdapat di sini adalah pohon wanga dan leda.

Sementara fauna yang dimiliki oleh taman nasional ini adalah anoa, babi rusa, monyet hitam sulawesi, kuskus, tangkasi dan rusa. Terdapat berbagai jenis burung endemic yang bisa ditemukan di sini seperti maleo, rangkong, nuri, kakatua dan pecuk ular.

Menikmati Pemandangan Alam sampai Ber-swafoto dengan Latar Belakang yang Indah

Tentunya ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini. Selain berkeliling melihat benda-benda peninggalan zaman batu, karena taman nasional ini masih sangat alami, Anda bisa menikmati berbagai pemandangan alam di sana. Seperti danau, sungai, air terjun atau bahkan Anda juga bisa mencoba untuk berpetualang di hutan yang sangat menakjubkan di sini.

Tak berhenti sampai di sana saja, bagi Anda yang memang hobi swafoto atau pun fotograpi, Taman Nasional Lore Lindu in cocok sekali menjadi objek foto atau swafoto dengan latar belakang yang sangat indah.

Kegiatan Lain yang Ada di Taman Nasional Lore Lindu

Dengan nuansa alam yang masih sangat alami tentunya banyak sekali yang bisa Anda coba di tempat ini. Seperti memancing, berkano, trekking, hiking, camping, hammocking. Bagi Anda yang menyukai tantangan, mungkin Anda bisa mencoba melakukan trekking 2.600 meter ke puncak Gunung Rorekatimbu.

Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin melakukan camping namun tidak membawa alat-alat pendukung lainnya, Anda juga bisa menyewa sebuah peralatan berkemah yang disediakan oleh pihak setempat. Selain itu, Anda juga menyewa boat untuk melihat keindahan danau lebih dekat.



0 Response to "MENGULIK SEJARAH MEGALITH DI TAMAN NASIONAL LORE LINDU SULAWESI TENGAH"

Posting Komentar