MENYIBAK KEUNIKAN PANTAI LOSARI, IKON KOTA MAKASSAR


MENYIBAK KEUNIKAN PANTAI LOSARI, IKON KOTA MAKASSAR

Jika Anda datang beriwisata ke provinsi Sulawesi Selatan, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pantai yang menjadi ikon ibu kota Sulsel ini. Ya, pantai losari, keberadaannya menjadi ikon kota Makassar  yang terkenal di kalangan wisatawan asing mau pun dalam negeri.

Seperti yang semua orang ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali kekayaan alam yang tersebar di berbagai daerah. Tak terkecuali bagi pantai losari yang mempunyai banyak sekali keindahan. Keindahannya mampu menjadi magnet tersendiri yang menarik banyak sekali wisatawan, baik wisatawan asing mau pun dalam negeri.

Sehingga tidak aneh, jika keberadaan pantai ini menjadi begitu terkenal di mana-mana. Salah satu hal yang mendasarinya adalah pantai losari ini mempunyai beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lainnya.  Apa saja keunikannya itu? Simak ulasannya berikut ini.

1.     Asal usul nama Pantai Losari

Seperti biasanya, setiap penamaan memiliki asal usulnya tersendiri. Bedanya beberapa ada yang diketahui secara jelas, beberapa yang lain justru masih kabur kejelasannya. Salah satunya seperti penamaan pada pantai ini. LOSARI, penamaan pada sebuah pantai ini masih belum jelas asal usulnya.

Meski demikian, berdasarkan beberapa tulisan yang ada, asal nama LOSARI berasal dari kata LOS dan ARI. LOS yang mempunyai arti tempat atau pasar untuk jual beli. Hal ini selaras dengan kenyataan bahwa dahulu pantai losari ini merupakan pasar ikan. Sementara ARI yang berasal dari kata ari-ari memiliki arti pembungkus atau penyuplai.  Nama losari ini sudah ada sekitar pada tahun 1945-1946 yaitu pada masa pemerintahan NICA.

2.     Pantai Losari tidak memiliki pasir

Pasir menjadi hal yang biasa Anda temukan di beberapa pantai. Namun tahukah Anda bahwa pantai losari merupakan salah satu pantai yang tidak berpasir. Hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi pantai losari yang membuatnya berbeda dari pantai lainnya.

Lalu mengapa pantai losari tidak memiliki pasir seperti pantai lainnya? Hal ini karena di sepanjang pantai ini terdapat tanggul sebagai penahan ombak. Meski tidak memiliki pasir, tentunya Anda bisa menikmati indahnya sunset dengan duduk di atas tanggul.

3.     Memiliki meja makan terpanjang

Di sepanjang pantai losari, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan. Hal ini sempat membuat pantai losari dikenal sebagai meja makan terpanjang yang berada di pinggir pantai. Sangat menyenangkan bisa menikmati makanan sembari duduk-duduk di tanggul pantai.

Namun pada saat ini pemerintah telah merelokasi penjual-penjual makanan tersebut agar terlihat lebih tertib sehingga hal ini juga bisa membuat pantai losari menjadi lebih enak dipandang.

Namun Anda tidak perlu khawatir, meskipun begitu lokasi para pedang ini masih cukup dekat dengan pantai sehingga Anda bisa membeli dengan mudah makanan yang ada.

4.     Masjid Amirul Mukminin, Masjid terapung di Pantai Losari

Masjid yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Selain dari arsitekturnya, masjid ini juga terbilang cukup unik karena dibangun di atas laut dan di tahan oleh tiang pancang. Di sini, Anda akan melihat pamandangan yang menakjubkan.

5.     Keseniannya yang Khas

Di pantai ini terkenal dengan anjungannya yang menggambarkan 4 suku etnis di Sulawesi Selatan. Anda juga bisa menemukan tulisan pantai losari seperti di kota-kota lainnya. Ada juga berbagai patung yang bisa Anda temukan di sana. Patung-patung ini menggambarkan keadaan di Sulawesi Selatan. Selain itu, ada juga patung pahlawan-pahlawan Nasional terutama pahlawan dari Sulawesi Selatan.

Demikianlah keunikan-keunikan yang dimiliki oleh pantai losari di Sulawesi Selatan. Sebagai ikon kota Makassar, kemungkinan masih banyak keunikan lainnya yang tersimpan di pantai ini. Untuk mengetahuinya lebih jauh, kiranya Anda harus mengeksplor sendiri dengan berkunjung ke sana. Dan nikmati keindahan pantai losari yang tidak pernah Anda lupakan.

0 Response to "MENYIBAK KEUNIKAN PANTAI LOSARI, IKON KOTA MAKASSAR"

Posting Komentar