WISATA EDUKASI KE MUSEUM BERSEJARAH DI INDONESIA


WISATA EDUKASI KE MUSEUM BERSEJARAH DI INDONESIA
Selain mengisi waktu liburan dengan berwisata ke tempat-tempat yang bernuansa alam, Anda juga bisa mengisi waktu liburan dengan sesuatu hal yang bernuansa edukasi. Seperti mengunjungi museum misalnya.

Keberadaan museum di Indonesia sendiri sangat banyak, tersebar di berbagai daerah di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Museum memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang, karena dengan mengunjungi museum akan menambah wawasan dan bisa belajar lebh banyak tentang sejarah yang ada di Indonesia.

Menjelajahi museum tidak selalu membosankan. Terutama jika Anda berkunjung ke museum yang bersejarah di Indonesia, perasaan takjub melihat berbagai peninggalan masa lampau pasti akan Anda rasakan. Berbagai hal di dalamnya sangat menarik dan patut untuk diulik.

Bagi Anda yang penasaran tentang apa sajakah museum bersejarah yang ada di Indonesia, simak ulasannya berikut ini.

1.     Museum Nasional Indonesia

Terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Sebuah patung yang berbentuk gajah perunggu membuat Museum Nasional Indonesia juga memiliki nama lain yaitu Museum Gajah. Patung ini pemberian Raja Chulalongkom dari Thailan yang terletak di depan gedung.

Sekadar informasi bahwa Museum Nasional Indonesia disebutkan sebagai museum terbesar di Asia Tenggara serta memiliki koleksi terlengkap di Indonesia. Kemegahan bangunan museum ini di isi dengan berbagai koleksi arca kuno, galeri tekstil, macam-macam kerajinan, prasasti, miniatur rumah adat dan masih banyak lagi yang bisa Anda temukan di sini.

Anda tidak perlu khawatir soal berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk masuk ke dalam museum ini, karena biaya yang dikeluarkan sangatlah terjangkau. Anda cukup mengeluarkan Rp. 5000 untuk dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak. Sangat terjangkau sekali bukan? Selain itu, kunjungan ke museum ini akan membuat pengalaman berharga tersendiri bagi Anda.

2.     Museum Geologi Bandung

Sedikit berbeda dengan Museum Nasional Indonesia yang berisikan berbagai hal secara keseluruhan. Museum Geologi Bandung ini ternyata memiliki sesuatu hal yang lebih spesifik, yaitu tentang alam.

Museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro 57, Bandung ini sangat cocok bagi Anda pecinta alam, karena di dalamnya Anda bisa menemukan berbagai koleksi bebatuan, fosil dan  mineral.

Selain itu, Anda juga bisa belajar banyak hal yang berkaitan dengan bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya dan masih banyak lagi hal lain yang bisa Anda pelajari di museum ini.

Biaya yang Anda keluarkan pun sangat terjangkau hanya Rp. 2000 untuk pelajar, Rp. 3000 untuk pengunjung lokal dan Rp. 10.000 untuk pengunjung asing. Tertarik untuk berkunjung ke sana?

3.     Museum Konferensi Asia Afrika

Museum ini dibangun untuk mengenang Konferensi Asia Afrika pertama yang dulu diadakan di Indonesia. Berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 65, Bandung. Museum ini mengajak para pengunjungnya untuk kembali mengenang sebuah acara besar yang dulu pernah diadakan di Indonesia.

Di sana Anda bisa melihat berbagai dokumen tertulis, foto dan hal lainnya yang berkaitan dengan KAA. Selain itu, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sana. Selaras dengan program yang diselenggaran oleh pihak museum, seperti museum keliling, bincang sore, pemutaran dan diskusi film “Bioscoop Concordia” serta masih banyak lagi hal lainnya.

Satu hal yang perlu Anda ketahui juga, bahwa untuk masuk ke dalam museum ini GRATIS.

4.     Museum Kesenian Agung Rai (ARMA)

Museum Kesenian Agung Rai atau disingkat dengan ARMA ini berlokasi di Jalan Pengosekan, Ubud, Bali. Seperti yang banyak orang ketahui bahwa Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sangat kental dengan seni dan budayanya. Hal ini selaras dengan keberadaan museum yang satu ini, sangat cocok bagi Anda pecinta seni dan budaya lokal.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di museum ini seperti di antaranya adalah menyaksikan visualisasi seni dalam bentuk pertunjukan teater, tarian dan musik tradisional. Bagi Anda yang menyukai seni lukis, kiranya Anda bisa mengikuti kelas menulis atau mengikuti program pelatihan dan seminar seni lainnya. Museum ARMA juga menyuguhkan berbagai koleksi lukisan dari seniman dalam negerti dan internasional seperti Affandi, Sudjojono, Hendra Gunawan dan pastinya masih banyak lagi.

Untuk masuk ke museum ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 50.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk minuman yang bisa Anda nikmati di salah satu café di museum ARMA. Sangat menarik, bukan?

5.     Museum Batik Danar Hadi

Menyuguhkan berbagai koleksi seni batik yang lengkap, di mulai dari zaman sebelum dan sesudah penjajahan Belanda. Museum ini terletak di kota Solo, Indonesia, batik yang disuguhkan di museum ini bernilai seni tinggi, seperti Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Hokokai, Batik Indonesia, Batik Cina hingga Batik Sudagaran.

Tidak hanya berhenti sampai melihat-lihat berbagai koleksi batik, Anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan batik di museum ini. Untuk menikmati semua itu, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 25.000 untuk umum dan Rp. 10.000 untuk pelajar.

Nah, itulah di antara museum bersejarah yang ada di Indonesia. Wisata edukasi tidak selamanya membosankan, apalagi jika itu berkunjung ke museum bersejarah. Jadikan itu sebagai pengalaman berharga yang tidak akan pernah terlupakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "WISATA EDUKASI KE MUSEUM BERSEJARAH DI INDONESIA"

Posting Komentar