Uji Keberanian di 5 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia


Uji Keberanian di 5 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia
Arung jeram menjadi sebuah kegiatan ekstrem yang diminati banyak orang untuk mengisi liburan. Hal yang paling membuat kegiatan ini begitu seru adalah kegiatan ini memadukan unsur edukasi, kekompakan dan juga petualangan. Sehingga akan tercipta sebuah keseruan tersendiri saat melakukannya bersama dengan teman-teman.
Bagi Anda yang ingin mencoba kegiatan seru yang satu ini, Indonesia memiliki banyak sekali lokasi arung jeram. Di mana saja lokasi arung jeram terbaik itu? Simak ulasannya berikut ini.
1.     Sungai Pekalen
Anda bisa mencoba arung jeram di sungai pekalen yang berlokasi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini. Tepatnya di Dusun Angin-angin, rute arung jeramnya berakhir di Desa Pesawahan atau Desa Condong.
Airnya yang jernih dan alamnya yang sangat eksotis membuat kegiatan arung jeram yang Anda lakukan di lokasi ini semakin seru. Lokasi arung jeram yang satu ini memiliki tingkat kesulitan III sampai IV. Di antaranya adalah terdiri Pekalen atas sejauh 12 kilometer, Pekalen tengah sejauh 7 kilometer dan Pekalen bawah sejauh 10 kilometer.
2.     Sungai Citarik
Sungai Citarik berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Sungai yang satu ini bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun, memiliki tingkat kesulitan III untuk arung jeramnya. Selain bisa menikmati keseruan bermain arung jeram, Anda juga akan merasakan kenyamanan ketika melihat pemandangannya yang indah dan juga udaranya yang segar.
Sungai yang satu ini juga memiliki debit air yang cukup banyak dengan kondisi air cukup bersih dan juga relatif stabil sepanjang tahun.
3.     Sungai Alas
Sungai Alas terletak di Aceh yang merupakan sungai terpanjang pula di sana. Arung jeram di sungai ini memiliki tingkat kesulitan III hingga IV. Sungai yang satu ini menjadi lokasi yang cocok untuk Anda memacu adrenalin. Pasalnya, rute arung jeram di sungai ini dipenuhi banyak sekali belokan tajam dan arus yang deras.
Bagi Anda yang masih pemula, disarankan untuk mengarungi sungai Alas dari Muaa Situlen di Kutacane hingga Gelombang. Sedangkan bagi Anda yang sudah ahli, Anda bisa mencoba arung jeram dengan rute dari Angusan.
4.     Sungai Asahan
Sungai yang terletak di Sumatera Utara ini menjadi tandingan tersendiri bagi sungai Alas, pasalnya sungai yang satu ini memiliki tingkat kesulitan IV hingga V. Cocok sekali bagi Anda yang ingin menguji adrenalin dengan melakukan arung jeram di lokasi ini.
Biasanya sungai ini digunakan sebagai tempat untuk diselenggarakannya sebuah perlombaan nasional maupun internasional. Sekadar informasi, rute arung jeram sepanjang 22 kilometer ini telah dinobatkan sebagai lokasi arung jeram terbaik di dunia.
5.     Sungai Progo
Sungai yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini juga tak kalah menantangnya dari sungai-sungai tadi. Pasalnya sungai yang satu ini memiliki tingkat kesulitan V. Selain itu, Sungai Progo juga terbagi menjadi tiga bagian yaitu Progo bawah, Progo hulu dan Progo atas.
Masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri. Seperti pada Progo bawah memiliki yang mempunyai tingkat kesulitan V dengan jarak sejauh 16 kilometer. Sementara yang lainnya berada pada tingkat kesulitan III, ini sangat aman. Atau bagi Anda yang ingin merasakan tantangan lebih, Anda bisa mencoba dengan rute Progo hulu sepanjang 26 kilometer.
Demikianlah di antara 5 lokasi arung jeram terbaik di Indonesia. Selain bisa merasakan keseruan bermain arung jeram tentunya kelima lokasi di atas juga akan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Cobalah untuk menyesuaikan rute arung jeram dengan kapasitas Anda, tetaplah berhati-hati agar Anda bisa benar-benar merasakan liburan yang seru ketika bermain arung jeram.

0 Response to "Uji Keberanian di 5 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia"

Posting Komentar

Postingan Terbaru