WHALE SHARK IKAN HIU PAUS BESAR YANG BERKELIARAN DI LAUT SULAWESI TENGAH

Anda pernah melihat hiu ini di laut jika ia mungkin anda ketakutan melihat bentuk dari tubuh ikan yang sangat besar ini.ikan ini namanya ikan hiu paus, Rhincodon typus.tapi tenang saja ikan hiu ini bukan lah hiu pemangsa yang doyan sama daging manusia. 
hiu paus merupakan hiu yang suka makan plankton dan ikan ini termasuk ikan spesies terbesar.
Ikan hiu paus ini mempunyai ukuran tubuh yang sangat besar dan cara makan dari ikan ini adalah dengan cara menyaring air laut untuk mendapatkan makanan yang dia cari yaitu plankton.ikan besar ini mendapat julukan whale shark.

Ikan ini juga mempunyai nama lain yaitu geger lintang,mengapa dikatakan geger lintang dikarenakan ikan ini mempunyai corak dipunggungnya yang bentuknya seperti bintang dilangit.ada juga memberikan nama ikan ini dengan nama ikan hiu tutul,mengapa diberikan nama ikan hiu tutul dikarenakan dipunggung nya bertotol totol.

Habitat dari ikan ini suka mengembara dari samudera tropis yang beriklim hangat selain itu ikan spesies ini juga termasuk ikan panjang umur.ikan ini bisa hidup hingga 70 tahun dan ikan ini dipercaya jenis spesies ikan purba yang beralas dari sekitar 60juta tahun yang lalu.

Tahukah anda bahwa ikan ini hidup dipinggiran teluk tomini Sulawesi tengah.Teluk tomini merupakan teluk yang ada di Sulawesi tengah dan merupakan teluk terbesar di Indonesia dan mempunyai luas yang kurang lebih 6 juta hektar dan Teluk tomini memiliki sumber daya alam yang kaya dan unik.jadi wajar jika ikan hiu paus ini menyukain teluk tomini sebagai pilihan.ikan ini hidup dipinggiran sekitaran marantale hingga parigi kota.

Ikan jenis ini pernah ditemukan warga terdampar di sekitaran dekat parigi kota.whale shark pernah di dokumentasikan  wisatawan yang lagi diving dan diaja berselfie ria.

apakah anda tertarik ingin berselfie juga dengan ikan besar ini silahkan kunjungi teluk tomini dan cari ikan pemakan plankton ini.
jika anda berminat kesana anda bisa menginap di Equator Dive Resort, Desa Tandaigi, Kec Siniu, Kab Parimo


silahkan di share yah...

0 Response to "WHALE SHARK IKAN HIU PAUS BESAR YANG BERKELIARAN DI LAUT SULAWESI TENGAH "

Posting Komentar

Postingan Terbaru