REKOMENDASI WISATA KULINER DI KOTA PALU SULAWESI TENGAH YANG WAJIB ANDA CICIPI


REKOMENDASI WISATA KULINER DI KOTA PALU SULAWESI TENGAH YANG WAJIB ANDA CICIPI
Setelah menjelajahi tempat wisata di Sulawesi Tengah, keadaan perut lapar memang tidak bisa dipungkiri. Di kota Palu, Sulawesi Tengah ini Anda bisa sedikit beristirahat denga memanjakan lidah dengan berwisata kuliner di sana.

Selain terkenal dengan keindahan pantai talise,  kota ini pun kaya akan keanekaragaman kuliner yang menggiurkan. Ini bisa dijadikan sebagai rekomendasi bagi Anda yang ingin merasakan wisata kuliner setelah melakukan perjalanan panjang ke berbagai tempat wisata di provinsi ini.

Soal rasa Anda tidak perlu meragukannya lagi. Penasaran apa sajakah kuliner bisa Anda cicipi di kota Palu? 
Simak ulasannya berikut ini.

1.     Kaledo

Kaledo merupakan salah satu makanan khas kota Palu yang paling banyak diincar oleh banyak orang. Sebuah makanan yang berarti kependekkan dari Kaki Lembu Donggala ini memang terkenal di masyarakat luas. Apalagi bagi Anda yang memang menyukai makanan berbahan dasar sapi yang berkuah, entah itu daging, lemak, atau pu tulang dan sumsumnya, makanan yang satu ini wajib Anda cicipi kelezatannya.

Akan lebih lezat jika disantap bersama singkong. Tentunya ini sebuah kenikmatan kuliner yang tidak akan pernah Anda lupakan. Kuah yang yang berwarna kekuningan dengan rasa asam dan pedas dari cabai membuat harmoni rasa yang memanjakan lidah.

Anda tidak perlu merasa kesusahan untuk memakannya, karena kaledo ini selainrasanya yang gurih, sumsum tulang sapinya pun sangat lembut di mulut. Kaledo juga kaya akan manfaat, pasalnya sumsum tulang yang menjadi bahan dasar makanan ini sangat baik jika dikonsumsi oleh anak-anak karena akan meningkatkan kinerja otak.

2.     Uta Kelo

Uta Kelo atau sayur kelor adalah sayuran khas tanah Kaili. Makanan yang ada di kota Palu ini berbahan dasar daun kelor yang dimasak dengan campuran santan. Sudah bisa dibayangkan bagaimana gurihnya sayur ini akan memanjakan lidah siapa pun yang .menyantapnya.

3.     Kue Tetu

Jika Anda ingin menyantap makanan yang manis-manis, mungkin Anda bisa mencoba kue yang satu ini. Kue yang paling banyak diburu oleh banyak orang ini memiliki cita rasa yang lezat.

Berbahan dasar tepung yang dicampur dengan tepung terigu dan gula aren. Tidak cukup sampai di sana, wangi pandan yang sangat khas di kue ini mampu memanjakan lidah Anda.

4.     Lalampa

Kue yang satu ini berbahan dasar beras ketan yang dicampurkan dengan santan lalu di dalamnya berisi lauk. Memang hampir sama dengan lemper yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang.

Lauk yang menjadi isiannya pun sama, seperti dengan suwiran ikan cakalang atau dengan abon ikan. Namun ada hal yang sedikit membedakan dari lemper. Jika kita mengetahui lemper hanya dibungkus dengan daun pisang, lalampa ini setelah dibungkus lalu kemudian dibakar. Aroma yang sangat khas akan memikat banyak orang untuk menyantapnya.

5.     Barongko

Selanjutnya makanan yang bisa Anda temukan di kota Palu adalah barongko. Barongko ini merupakan jajan khas kota Makassar, namun meski begitu makanan ini juga sering dijumpai di kota Palu.

Kue ini berbahan dasar buah pisang yang dihaluskan lalu dicampur dengan telur, santan, gula pasir dan sedikit garam kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus. Cita rasa kue yang manis dan lembut ini begitu memanjakan lidah siapa pun yang menyantapnya. Akan lebih lezat lagi jika sebelum Anda memakannya, kue ini dimasukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es.

Nah, itulah di antara makanan yang bisa Anda cicipi di kota Palu, Sulawesi Tengah. Pastikan Anda mencobanya, ya.

0 Response to "REKOMENDASI WISATA KULINER DI KOTA PALU SULAWESI TENGAH YANG WAJIB ANDA CICIPI"

Posting Komentar

Postingan Terbaru