POTENSI GEMPA MEGATHRUST DI SULTENG ADA ATAU TIDAK?

Akhir akhir ini banyak isu atau berita yang memberitakan tentang gempa megathrust.gempa megathrust adalah gempa dangkal yang memiliki efek kerusakan yang sangat besar.berita yang tersebar itu menyatakan bahwa gempa megathrust akan terjadi di Sulawesi tengah pada bulan agustus dan September 2019.

Menurut kutipan dari sultengterkini.com bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Palu langsung menanggapi berita yang beredar tersebut.
sumber foto : sultengterkini.comKANTOR Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Geofisika Kelas I Palu, Kecamatan Palu Barat. FOTO: MOHAMMAD


Menurut pernyataan dari kepala BMKG kelas 1 palu yang bernama ,bapak cahyo nugroho menyatakan bahwa Sulawesi tidak berada pada jalur gempat megathrust jadi dihimbau kepada warga Sulawesi tengah tidak usah khawatir.
Ketika diwawancarai sultengterkini.com pada hari rabu (14/8/2019).kepala bmkg menegaskan bahwa aktivitas jalur megathrust hanya berada pada bagian selatan pulau jawa.jadi intinya adalah Sulawesi tengah tidak memiliki jalur megathrust.
Kepala BMKG cahyo nugroho menyatakan bahwa gempa megathrust memerlukan siklus waktu yang cukup lama hingga ratusan tahun tuturnya.
Sekali lagi pak cahyo menegaskan bahwa gempa itu tidak terjadi di Sulawesi tengah dan hanya terjadi pada bagian selatan pulau jawa karena disana jalurnya bukan di Sulawesi tengah.menurutnya hal itu dibuktikan dengan adanya gempa di selat sunda beberapa waktu yang lalu.
Lagipula gempa mega thrust itu siklusnya membutuh waktu ratusan tahun,sedangkan aktivitas palu koro sekitar 50 tahun hingga 100 tahun tuturnya.
menurutnya Kota Palu berada di wilayah sedimentasi, maka aktivitas gempa di bawah 4 Skala Richter bisa dirasakan masyarakat palu.

sumber berita : https://sultengterkini.com

BMKG: Tidak Ada Potensi Gempa Megathrust di Sulteng!



0 Response to "POTENSI GEMPA MEGATHRUST DI SULTENG ADA ATAU TIDAK?"

Posting Komentar