UKURAN PAPAN SIRIP DAN JENIS KAYU UNTUK RUMAH WALET WALET

Halo sahabat budidaya burung walet yang masih setia menunggu tips tips terbaru mengenai budidaya walet.Kali ini kita akan membahas pertanyaan daro teman kita yang sedang membangun gedung sarang burung walet.


Pertanyaannya ialah "BERAPA UKURAN PAPAN SIRIP GEDUNG WALET?"itu merupakan pertanyaan yang paling sering saya dapatkan baik di media sosial maupun di forum forum online.
sekarang kita akan membahas dan menjawab pertanyaan dari teman kita tersebut.berbicara mengenai papan sirip gedung walet,ukuran ideal papan sirip gedung walet adalah lebar 60cm.
Mungkin ada sahabat yang bertanya tanya dalam pikiran.kok papan siripnya lebar sekali yah?
yah memang lebar.sy suka pasang papan sirip yang lebar lebar.mengapa?kita budidaya burung walet membutuhkan sarangnya.jadi semakin lebar papan sirip semakin enak dan lebar tempat burung walet  bersarang.jadi otomatis sarang burung walet bersusun susun dan banyak.
Selain menggunakan papan sirip yang lebar.penggunaan properti lain juga bisa digunakan untuk memperbanyak sarang burung walet.
alat tambahan yang biasa digunakan untuk memperbanyak sarang adalah "BESEK"besek adalah anyaman yang biasanya ternuat dari bambu.besek biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan beras atau barang lainnya.
Namun fungsi besek dalam dunia walet adalah agar kaki kaki burung walet enak mencengkramkan kakinya di besek Begitupun penggunaan ram ram aluminium.
penggunaan ram aluminium sama halnya dengan menggunakan besek tetapi dilihat dari segi harga,harga besek jauh lebih murah dibandingkan ram aluminium.
kekurangan menggunakan besek adalah jika pemasangan ada celah dipapan sirik maka celah itu menjadi tempat bersarang kecoadan semut.
Kecoa merupakan hama pengganggu bagi gedung walet karena kecoa suka makan sarang walet begitupun dengan semut.
semut juga merupakan hama predator yang suka mengerumuni anak burung walet sehingga membuat anak burung walet menjadi jatuh dari sarang.
Cara agar papan sirip cepat dihinggapi dan menjadi tempat favorit bersarang burung walet yaitu pilihlah kayu yang teksturnya tidak terlalu keras.
catatan bagi anda yang ingin memilih papan sirip,gunakan lah papan sirip sejenis kayu yang Mempunyai tekstur kasar,tidak bau,Dan tahan dimakan rayap.
jenis jenis kayu yang biasa dipakai rekan rekan petani walet adalah

Kayu Baong
kayu baong ini warnanya putih dan ketika sudah kering berubah jadi kuning

Kayu Ulin
kayu ulin ino juga bagus digunakan sebagai papan sirip namun harganya cukup mahal digunakan sebagai papan sirip

Kayu Meranti Gunung
kayu jenis meranti gunung juga banyak digunakan petani walet karna tahan rayap

Kayu Batang Kelapa
sebagian petani walet juga menggunakan kayu dari batang kelapa.kayu jenis ini lebih mudah didapatkan saat ini

Kayu Albasia
kayu jenis albasia juga banyak digunakan petani walet,namun kayu jenis ini gampang gampang susah didapatkan

Kayu Pasui
kayu jenis ini aslinya hanya ada di sulawesi tengah.banyak petani disulawesi tengah menggunakan kayu ini.alasan mereka menggunakan kayu pasui karena hasil sarang yang menempel dikayu pasui hasilnya lebih putih atau masuk kategori super.itu kata petani saya tidak tahu juga penemuan ilmiahnya.

Selain menggunakan kayu kayu diatas mereka juga memakai kayu durian,tippulu,palapi dan bullung.
itulah jawaban dan penjelasan mengenai ukuran papan sirip dan jenis kayu untuk papan sirip.
diartikel berikutnya akan kita bahas benerapa artikel budidaya walet.jadi jangan lupa share artikel ini untuk pendapatkan tips berikutnya.
salam sukses budidaya walet.salam 10juta sekilo.

jika artikel ini bermanfaat silahkan anda SHARE di media sosial

3 Responses to "UKURAN PAPAN SIRIP DAN JENIS KAYU UNTUK RUMAH WALET WALET"

  1. Numpang promo,
    Saya punya sarang walet gedung / rumah
    kwalitas putih bersih.

    Daftar harga:
    1. Mangkok Rp. 10 Juta/ Kg.
    2. Sudut Rp. 7 Juta/ Kg.
    3. Patahan Rp. 5 Juta/ Kg.
    4. CampurRp. 6 Juta/ Kg.
    bisa nego
    Yg minat silahkan
    hub: 081241485432

    BalasHapus