MENYIBAK KEINDAHAN DANAU POSO SULAWESI TENGAH SEBAGAI DANAU TERJERNIH DI DUNIA


MENYIBAK KEINDAHAN DANAU POSO SULAWESI TENGAH SEBAGAI DANAU TERJERNIH DI DUNIA


Danau yang satu ini diklaim sebagai salah satu danau terjenih di dunia. Berlokasi di kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Selain diklaim sebagai salah satu danau terjernih di dunia, danau ini juga menjadi danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba dan Danau Singkarak di Sumatera.


Danau Poso terbentang pada area seluas 32.00 hektar, dengan kedalaman sebesar 515 meter pada titik terdalamnya. Ini hampir tiga kali lebih dalam daripada Laut Jawa yang hanya memiliki kedalaman rerata 151 meter.

Letak geografis Danau Poso ini berada di sebelah utara dataran tinggi Toraja, Sulawesi Selatan. Selain itu, danau ini juga berbatasan dengan kota Pendolo di ujung selatan danau. Dan di sebelah utara terdapat Tentena, serta pemukiman desa kecil yang ada di sana.

Diklaim sebagai salah satu danau terjernih di dunia tentu tidak terjadi secara kebetulan, pasalnya air biru yang terbentang di danau yang luas ini memang sangat jernih dan indah. Air danau yang jernih ini mengalir di sungai lalu keluar sampai kepada Teluk Tomini yang berada di samping kota Poso.

Kejernihan air Danau Poso, membuat keberadaan danau ini menyimpan sejumlah kehidupan spesies ikan endemik. Juga terdapat belut perak dan kuning yang membuat kekayaan fauna di danau ini menjadi lebih beranekaragam.

Di sini Anda pun bisa menikmati panorama alam yang indah. Bukit yang mengelilngi danau jernih ini, hamparan sawah yang hijau dan beberapa pohon cengkeh yang berbau harum serta hutan tropis yang memanjakan mata. Selain itu, Anda juga bisa melihat hewan anoa dan babi rusa di sini.

Mengulik Lebih Jauh Keindahan Pemandangan Alam di Poso

Pemandangan alam di wilayah ini juga tidak kalah menarik dengan kejernihan air danaunya. Anda bisa mencoba sedikit mengulik tentang pemandangan alam di Poso. Udaranya yang bersih dan sejuk, sangat cocok bagi Anda untuk berjalan santai di sekitar pantai sembari menikmati pemandangan alam yang indah.

Anda juga bisa mencoba untuk bepertualang, masuk ke dalam hutan tropis dan rasakan kejutan-kejutan yang akan Anda dapatkan di dalam sana. Seperti penampakan langka seekor kerbau kerdil dan babi rusa yang pada saat ini terancam punah.

Untuk menelusuri Danau Poso lebih jauh, Anda juga bisa menyewa sebuah perahu untuk melakukan pelayaran di sekitar danau ini. Akan sangat menakjubkan melihat keindahan serta kejernihan air danau ini pada jarak yang sangat dekat. Selain itu, bagi Anda yang ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang lagi, Anda bisa menyewa sebuah perahu motor atau sebuah kano kayu yang lebih tradisional. Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah memancing, berenang atau pun menyelam.

Ada yang menarik dari danau yang satu ini, yaitu pada minggu keempat bulan Agustus akan diakan sebuah festival besar di danau ini. Festival ini berisi acara budaya yang menyuguhkan berbagai macam perlombaan dan juga pertunjukan seni dari provinsi dan kota di Sulawesi Tengah. Selain itu di dalamya juga terdapat permainan tradisional, lomba perahu dengan dekoasi yang menarik, lomba perahu dayung hingga pada pertunjukan tari dan bola voli pantai.

Mereka yang berasal dari daerah lain di Indonesia pun bisa ikut berpartisipasi dalam festival besar ini. Sebuah acara yang sangat meriah dan menarik. Tidak lupa dengan hidangannya, akan tersedia sebuah masakan ikan danau dari Suku Panoma.

Selain Danau Poso, Anda juga bisa mengunjungi Taman Anggrek Bancea yang dipenuhi banyak sekali bunga anggrek yang indah. Diklaim sebagai wilayah anggrek terbesar di Indonesia, pasalnya taman bunga yang satu ini terhampar sekitar lebih dari 5.00 hektar.

Wisata Kuliner di Danau Poso


Sogili Bakar merupakan makanan khas Poso yang harus Anda cicipi jika berkunjung ke sana. Makanan yang satu ini berbahan dasar belut air tawar. Selain dibakar, bisa juga disajikan dengan direbus, lalu dibumbui dengan perasan air jeruk nipis, tomat serta bawang bombay. 

Ditambah dengan nasi hangat, sayuran dan juga saus sambal. Cita rasa Sogili Bakar mampu memanjakan lidah Anda.



1 Response to "MENYIBAK KEINDAHAN DANAU POSO SULAWESI TENGAH SEBAGAI DANAU TERJERNIH DI DUNIA"

  1. Harrah's Resort Atlantic City - MapyRO
    Harrah's Resort Atlantic City features 구미 출장샵 392 luxurious rooms and suites, 69000 square feet of casino gaming and more 목포 출장샵 than 2,000 slot machines, over 100 table 수원 출장마사지 games  Rating: 7.5/10 양주 출장샵 · ‎5,921 광명 출장샵 reviews

    BalasHapus

Postingan Terbaru